Menu Tutup

Ulas Film “The Medium” 2021

The Medium

Akhir-akhir ini tengah ramai di Tik-Tok mengenai reaksi orang-orang yang selesai menyaksikan film The Medium. Ini adalah fim asal Thailand dengan genre horor yang mulai tayang sejak 14 Juli 2021 lalu di negeri ginseng, Korea Selatan.

Banyak mereka yang mengaku mual dan tidak tahan dengan apa yang mereka saksikan di film ini.

Film yang disutradarai oleh Banjong Pisanthanakun ini diperankan oleh sederet artis ternama, seperti Narilya Gulmongkolpech, Sawanee Utoomma, dan juga Sirani Yankittikan.

Ini adalah film yang mengisahkan mengenai Shamanisme yang ada di Thailand. Shamanisme sendiri merupakan ajaran yang mengajarkan kalau roh yang ada di sekeliling manusia bisa masuk ke dalam tubuh seorang Syaman atau dukun di dalam suatu upacara.

The Medium di awali dengan adegan yang menyorot Nim, di mana ia merupakan seorang Shaman atau dukun perempuan yang berada di sebuah pedesaan bagian utara, Thailand.

Di sini kita akan melihat tim dokumenter yang ikut Nim ke rumahnya. Nim sendiri menggantikan kakak perempuannya yang bernama Noi, di mana perempuan itu menolak untuk menjadi perantara makhluk halus.

Warisan menjadi seorang perantara ini sudah berlangsung sejak zaman nenek dan juga bibi pihak ibu Nim. Saat ini Nim lah yang menjadi penerus keluarganya untuk menjadi seorang perantara.

Pada suatu ketika di hari pemakaman saudara perempuannya, Nim mendapati Mink yang merupakan keponakannya melakukan hal yang aneh. Hal aneh yang Mink lakukan ini dianggap sebagai pertanda kalau Mink dipilih untuk menjadi penerus keluarga, yaitu menjadi dukun perantara antara makhluk halus dengan manusia.

Tim dokumenter ini pun ketika bertanya kepada keluarga Nim apakah mereka bisa memfilmkan kehidupan sehari-hari dari Mink beserta dengan anggota keluarga lain, ini ditolak oleh Noi. Ini dikarenakan wanita tersebut tidak ingin anaknya untuk menjadi seorang Shaman atau dukun.

Ia pun berusaha untuk membebaskan anaknya dari warisan spiritual tersebut, persis seperti yang ia lakukan kala menolak untuk mendapatkan warisan tersebut. Sayangnya Mink malah semakin masuk ke dalam kekuatan misterius tersebut.

Mink yang merupakan seorang gadis cantik berusia 20 tahun, ia menjadi semakin aneh saat dimasuki oleh makhluk halus. Bukan hanya perlakunya saja, mata gadis cerdas ini berubah menjadi merah dan tubuhnya juga dilumuri dengan dara. Ini dikarenakan Mink saat ini tengah dirasuki oleh kekuatan gaib kuno yang bahkan tidak bisa dilihat oleh keluarga lainnya.

Di dalam film yang diproduksi oleh studio film GDH 559, Showbox Entertaiment, dan Northern Cross ini kita dapat menyaksikan bagaimana seseorang yang dirasuki oleh makhluk halus dengan visualisasi supernaturalisme, eksorsisme, dan bahkan okultisme. Ini membuat sutradara berhasil memberikan kesan horor yang kuat.